Selasa, 05 Maret 2019

Pengertian APAR dan Jenis-jenis Apar

Pengertian APAR

Sebagian masyarakat masih terasa asing dengan sebutan APAR. Apa sih kepanjangan dari APAR?
APAR merupakan singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. 

APAR biasanya berbentuk tabung berwarna merah dilengkap noozle. Kapasitas APAR diantaranya seberat 3 Kilogram (Kg), 4 Kg, 6 Kg, 9 Kg dan 12 Kg. Aplikasi APAR dipandang efektif mematikan api berklasifikasi seperti saat kebakaran kompor dan korsleting listrik.
APAR ada dua jenis, APAR serbuk atau powder dan APAR Carbon Dioxide (CO2). Walaupun sama-sama berfungsi untuk memadamkan api, mereka juga memiliki perbedaan. Yaitu APAR serbuk tidak menghantarkan listrik, sedangkan APAR CO2 menghantar listrik. APAR powder akan mengeluarkan serbuk yang berfungsi mematikan atau menghentikan aliran oksigen ke sumber api.

Jenis-jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

 APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat digolongkan menjadi beberapa Jenis, berdasarkan Bahan pemadam api yang digunakan terdapat 4 jenis APAR yang paling umum digunakan, yaitu :

1. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Cairan/Water

APAR Jenis Air merupakan alat pemadam yang menggunakan air untuk memadamkan api. Alat pemadam ini menggunakan air dan karbon dioksida sebagai bahan pemadam. Jenis pemadam ini cocok untuk memadamkan api yang membakar kertas dan kayu. Alat pemadam kebakaran ini tidak boleh digunakan pada area-area yang terdapat peralatan yang menggunakan listrik atau cairan kimia organic yang tidak larut didalam air.

2. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Busa/Foam (AFFF)

Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti : fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol resistant aqueous film forming foams (AR AFFF) adalah busa/foam yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan/ segmen pelindung ketika dipakai atau disemprotkan. Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.

3. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder

APAR jenis Dry Chemical Powder adalah alat pemadam api yang menggunakan media atau isi dalam tabung serbuk kimia kering yang di olah khusus untuk memadamkan api kelas A B C. Tabung pemadam api ini mampu memadamkan api dengan menutup oksigen pada titik api sehingga api akan dengan cepat padam. Tabung pemadam api ini sangat banyak digunakan diberbagai tempat seperti SPBU, Perkantoran, Perhotelan, Pabrik, dll. Tabung pemadam api ini memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan tabung pemadam api jenis lainnya.Tabung pemadam api jenis ini sangat aman dan tidak menghantarkan listrik.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Jenis Karbon Dioksida/Carbon Dioxide (CO2)

APAR Jenis Carbon Dioxide (CO2) Alat Pemadam Api Jenis Carbon Dioxide (CO2) merupakan alat pemadam yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam. Alat pemadam ini akan mengeluarkan awan karbon dioksida dan partikel COP padat pada saat digunakan.
APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar