Senin, 25 Maret 2019

Cara Cek APAR CO2

Masing-masing APAR mempunyai perawatan yang berbeda, cara pengecekan APAR juga berbeda-beda berdasarkan medianya. Cara cek APAR CO2 pun juga spesifik dan berbeda dari lainnya. Dengan tidak adanya pressure gauge pada APAR dengan media jenis CO2, maka satu-satunya cara untuk melakukan pengecekan adalah dengan menimbangnya.





Langkah-langkah pengecekan APAR CO2 :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek label yang ada pada tabung APAR CO2 untuk mengetahui berat normal tabung APAR tanpa muatan dan berat tabung APAR dalam kondisi baru beserta muatannya.
  2. Setelah mengetahui informasi tersebut, langkah selanjutnya yaitu melakukan penimbangan. Tidak ada langkah khusus untuk menimbang tabung APAR, cukup dilakukan seperti menimbang benda lain.
  3. Setelah tabung ditimbang, langkah selanjutnya adalah mengetahui selisih antara berat tabung dengan muatan saat inspeksi dan tabung dengan muatan dalam kondisi baru. Jika selisih tersebut lebih dari 10%, maka harus segera diisi ulang.
  4. Pengisian ulang CO2 pada tabung APAR juga sebaiknya dilakukan oleh supplier dan teknisi yang terpercaya, supaya hasilnya maksimal dan tidak ada malfungsi yang terjadi pada tabung setelah diisi ulang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar