Minggu, 17 Maret 2019

APAR yang Sesuai Untuk Mobil

APAR untuk mobil sangat banyak pilihannya. Lalu bagaimana memilih APAR yang tepat untuk mobil? Mengingat kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, maka ketersediaan APAR di sekitar terutama di dalam mobil sangat diperlukan.

Sebelum memilih APAR, perlu dipertimbangkan kira-kira seperti apa potensi kebakaran yang mungkin terjadi. Setelah itu baru bisa diputuskan untuk menyediakan APAR jenis apa dan ukuran berapa.

Mobil memiliki potensi kebakaran yang cukup besar. Salah satu kebakaran yang mungkin terjadi adalah kelas kebakaran B yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar. Seperti diketahui mobil harus diisi bahan bakar agar bisa beroperasi.

Maka dari itu, sangat besar kemungkinan kelas kebakaran  B terjadi pada mobil. Mengingat di dalamnya tersimpan benda cair mudah terbakar seperti bensin, oli, solar, dsb.

Bagi para penyuka modif mobil, dikhawatirkan juga akan menyebabkan malfungsi elektrikal pada mobil. Oleh sebab itu, kelas kebakaran C yang disebabkan malfungsi elektrikal bisa juga terjadi di mobil. Karena itu, harus disiapkan alat pemadam api yang bisa digunakan untuk kelas kebakaran B dan C di dalam mobil.

Jenis APAR untuk Mobil

Dengan melihat potensi kebakran yang mungkin terjadi di dalam mobil, maka ada dua media APAR yang bisa digunakan. Media tersebut adalah APAR CO2 dan Powder. Kedua APAR tersebut sama-sama bisa memadamkan api dari kelas kebakaran B dan C yang berpotensi terjadi pada mobil.

Disarankan juga untuk membeli APAR CO2 dan Powder dengan ukuran mulai 1kg sampai 3kg. Ukuran APAR disesuaikan karena luas area mobil tidak begitu luas dan juga untuk memudahkan penyimpanan APAR di dalam mobil.

Jadi tunggu apa lagi? Segera lengkapi mobil kamu dengan APAR dari Tigris Fire. Jangan korbankan aset para pembaca hanya karena tidak mempersiapkan alat pemadam api di dalam mobil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar