Selasa, 12 Maret 2019

Hydrant Valve & Prinsip Kerjanya

Hydrant Valve adalah alat yang berfungsi untuk mengatur aliran air yang keluar melalui output jaringan instalasi fire hydrant. Jenis dan kemampuan Hydrant Valve ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah merk yang digunakan. Dengan menggunakan merk hydrant valve yang baik, maka dapat dipastikan bahwa bahan dasar pembuat valve tersebut berkualitas, sehingga berdampak pada kemampuan menangani aliran air bertekanan dalam fire hydrant.

Prinsip Kerja Hydrant Valve


Prinsip kerja hydrant valve dimulai ketika komponan hydrant valve ini diaktifkan baik secara manual ataupun otomatis (sesuai jenis komponen hydrant valve yang digunakan di dalam sistem fire hydrant yang dikonstruksi). Saat komponen hydrant valve diaktifkan atau dibuka, maka akan terjadi penurunan tingkat tekanan air di dalam jalur perpipaan air. Saat terjadi penurunan tingkat tekanan air, maka secara otomatis penurunan ini akan terdeteksi oleh kompnen sklar tekanan sehingga booster pump akan segera otomatis pula merespon dengan menyedot kembali pasokan air untuk menstabilkan atau mengembalikan tekanan air ke tingkat tekanan semula

Ketika tekanan telah kembali meningkat dan pasokan air telah siap terpasok de dalam sistem fire hydrant, khususnya dalam jalur perpipaan supply air, maka aksesoris hydrant valve akan menjadi perangkat penghubung aliran air yang harus disambungkan terlebih dahulu dengan komponen fire hose atau selang pemadam kebakaran. Kemampuan tekanan air yang dapat ditahan oleh komponen hydrant valve dapat mencapai hingga sekitar 10 bar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar