Selasa, 19 Maret 2019

Mengapa Baju Pemadam Kebakaran Bisa Tahan Api?

Saat menjalankan pekerjaannya, para pemadam kebakaran sudah dilengkapi dengan alat keselamatan serta baju khusus yang tahan api. Namun dalam kebutuhannya, baju pemadam memiliki 2 jenis, yaitu baju tahan panas dan tahan api.

Baju Pemadam Kebakaran Tahan Api adalah jenis baju tahan api yang berguna sebagai alat keselamatan pemadam kebakaran saat menjalankan tugas pekerjaan yang merupakan aspek utama kesejahteraan yang harus diperhatikan.

Baju tahan api biasanya dilengkapi dengan celana yang terbuat dari Aluminium Foil tebal yang digunakan dalam pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan penutup kepala berlapis kaca bening, sepatu pemadam, senter, tabung oksigen dan sarung tangan.

Baju pemadam kebakaran bisa tahan api karena terbuat dari bahan-bahan khusus. Bahan apa sajakah itu? akan kami bahas disini.

Perbedaan Baju Tahan Panas dan Tahan Api


  1. Baju tahan panas bersifat lentur dan terbuat dari bahan kain (Cotton) sedankan baju tahan api terbuat dari Aluminium Foil.
  2. Baju tahan panas berfungsi untuk melindungi pengguna dari panasnya suhu api atau kebakaran sedangkan baju tahan api berfungsi untuk melindungi pengguna dari kobaran api yang menyala.
  3. Pemakaian baju tahan panas tidak harus dilengkapi dengan helm pemadam, sepatu pemadam dan kaos tangan karena hanya dipakai pada kebakaran kecil diluar ruangan, sedangkan baju tahan api harus dipakai dengan perlengkapan utuh standar pemadam kebakaran karena berfungi untuk memadamkan api besar di ruangan tertutup.

Terbuat dari apakah baju pemadam kebaran? Kenapa bisa tahan api? Simak informasi berikut:

  • Nomex merupakan bahan fiber yang tahan api dan dalam bahan nomex jika dalam temperatur tinggi tidak dapat meleleh, menetes atau menyebabkan pembakaran di udara. Nomex sendiri adalah serat yang terdiri dari beberapa kombinasi serat lainnya untuk menyempurnakan bahan-bahan baju perlindungan sebelumnya. Serat berbahan Nomex umumnya digunakan sebagai pakaian pelindung.
  • Bahan Aramid banyak digunakan sebagai bahan baju pembalap mobil dan motor. Aramid termasuk jenis nylon seperti Nomex, Kevlar dan Tawron adalah bahan yang sangat tahan api, suhu tinggi, terbakar pada suhu 53 derajat celcius. 
  • Serat Asbes memiliki sifat yang tahan api, maka serat asbes dapat menjadi bahan baju pemadam kebakaran. Selain menjadi bahan baju pemadam, serat asbes yang dipintal dapat juga digunakan untuk sarung tangan, pelapis dinding, pelapis rem, bahan tekstil asbes dan alat pemadam api.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar