Senin, 11 Maret 2019

Pengertian Korsleting Listrik & Cara Pencegahannya

Pengertian Korsleting Listrik

Mungkin bagi sebagian orang masih berfikir apa itu korsleting listrik? apa penyebabnya? hingga bisa menimbulkan kebakaran, dan gimana sih cara mencegah korsleting listrik?. Disini aku akan membantu menjawab segelintir pertanyaan mengenai korsleting listrik.

Listrik merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi kamu juga harus tahu bahwa penggunaan yang berlebihan tanpa pengawasan yang baik dan benar bisa menyebabkan bencana. Salah satunya adalah korsleting listrik.

Korsleting listrik atau hubungan pendek merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, hingga mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Bila tidak segera ditangani, bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Penyebab terjadinya korsleting listrik cukup beragam. Namun penyebab yang paling sering ditemui adalah karena kelalaian manusia itu sendiri dengan menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau penumpukan beban yang berlebihan.  Disamping itu, bisa jadi karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral.


Cara Mencegah Korsleting Listrik

Kamu harus tahu bagaimana penggunaan listrik yang aman dan sesuai dengan yang dianjurkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Terus gimana cara mencegah korsleting listriknya? Yuk kita simak cara mencegah korsleting listrik.

1. Jangan menumpuk steker secara berlebihan, karena berpotensi menimbulkan panas berlebihan yang bisa menyebabkan kebakaran.

2. Jangan Mengutak-atik atau menyambung langsung (bypass) peralatan pengaman baik sikring maupun Mini Circuit Breaker (MCB).

3. Jangan biarkan tusuk kontak peralatan seperti TV, menetap pada stop kontak pada waktu yang lama.

4. Gunakan peralatan listrik yang berkualitas (berlambang SNI atau LMK). Jangan terlena harga murah yang ternyata berkualitas rendah.

5. Hindari menggunakan tusuk kontak terlalu longgar.

6. Serahkan pada instalatir resmi untuk pemasangan baru atau menambah instalasi listrik di rumah atau bangunan.

7. Periksa instalasi listrik bangunan secara berkala, kurang lebih setelah 10 tahun dan selanjutnya 5 tahun.

Dan yang paling penting adalah sediakan selalu APAR di rumah kamu. Untuk perlindungan yang lebih aman. Tigris Fire adalah APAR untuk memadamkan api dengan sesuai jenis kebakaran yang berbeda-beda. (baca juga jenis-jenis kebakaran). Tigris Fire sudah mempunyai sertifikat ISO dan National Fire Protection Associaton sebagai kualitas perusahaan. Jadi jangan ragu untuk menyediakan APAR dari Tigris Fire dirumahmu yah ^_^.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar