Senin, 11 Maret 2019

Sprinkler & Cara Kerjanya

Pengertian Sprinkler

Sprinkler adalah alat untuk memadamkan api secara otomatis dan alat ini merupakan bagian dari fire sprinkler system yang akan mengeluarkan debit air ketika terdeteksi ada api, atau ketika telah melampaui suhu yang sudah ditentukan.

Cara KerjaFire Sprinkler

  • Saat terjadi kebakaran, api memanaskan cairan yang ada dalam tabung kaca (close-head glass bulb)
  • Apabila panas sudah mencapai suhu tertentu (+/-68 celcius) maka tabung kaca akan pecah
  • Setelah tabung kaca pecah, maka air akan keluar dari mulut pipa.

Tipe-tipe Sprinkler 


1. Dry Pipe System

    Dry Pipe System adalah sebuah sistem fire sprinkler yang menyambungkan sistem perpipaan dengan sprinkler otomatis dengan tekanan tertentu. Dry Pipe System merupakan sistem fire sprinkler yang menggunakan sprinkler otomatis dan disambungkan dengan sistem perpipaannya. Rangkaian pipa yang disambungkan ini berisi nitrogen bertekanan tertentu. Pelepasan nitrogen biasanya diakibatkan oleh adanya panas api bertekanan sehingga akhirnya membuka dry pipe valve. ketika dry pipe sudah terbuka, otomatis air akan tersembur dari fire sprinkler ini.

2. Wet Pipe System

    Wet Pipe System ini juga memakai sprinkler otomatis yang langsung disambungkan dengan suplai air. Jadi ketika secara otomatis aliran air akan segera dikeluarkan ketika sistem wet pipe ini mulai mendeteksi adanya kebakaran.

3. Deluge System

    Deluge System adalah suatu jenis sistem fire sprinkler yang memanfaatkan kepala sprinkler tipe terbuka yang kemudian disambungkan pada sistem perpipaan. Tentunya sistem perpipaan ini dihubungkan dengan suplai air dengan bantuan valve.

4. Preaction System

    Preaction System adalah sebuah sistem fire sprinkler memakai sprinkler otomatis yang cara kerjanya disambungkan dengan sistem perpipaan. Dimana sistem perpipaan ini merupakan pipa bertekanan maupun tidak bertekanan. Melalui sistem inilah pemasangan detector tambahan dimulai di satu tempat yang sama dengan fire sprinkler itu sendiri.

5. Combined Dry Pipe-Preaction

    Combinerd Dry Pipe-Preaction merupakan sistem fire sprinkler dengan menggunakan pipa berisi udara bertekanan. Apabila terjadi kebakaran, maka peralatan detektor akan mendeteksi sehingga membuka katup kontrol air dan udara terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar